Pages

Minggu, 09 Maret 2014

Tugas Mata Kuliah Komputer & Masyarakat (NANO TECHNOLOGY)


NANO TECHNOLOGY

Tugas Mata Kuliah Komputer & Masyarakat





 





 
disusun oleh:

GEORGE LAUW
10110006



 
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA S1
SEKOLAH TINGGI INFORMATIKA KOMPUTER
(STIKOM) ARTHA BUANA KUPANG
2014


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang.
Pengembangan nanoteknologi  atau teknologi rekayasa zat bersekala nanometer belumlah tergolong lama. orang yang pertama kali menciptakan istilah  nanoteknologi  adalah profesor nario taniguchi dari tokyo science university pada tahun 1940. ia mulai mempelajari mekanisme pembuatan nanomaterial dari kristal kuarts, silikon dan keramik alumina dengan menggunakan mesin ultrasonik. komersialisasi (potensi penerapan sesungguhnya nanoteknologi  tidak hanya pada piranti mikroelektronik saja tetapi juga pada berbagai industri membuka peluang aplikasi bahan dan teknologi nano di berbagai bidang, yakni pada produk makanan, kemasan, mainan anak, peralaatan rumah / kebun, kesehatan, kebugaran, obat-obatan, tekstil, keramik dan kosmetik.


B. Tujuan
Penulisan Mengetahui perkembangan teknologi nano yang saat ini tengah berkembang. Apalagi sekarang adanya teknologi kita bisa lebih cepat menjelajahi dunia dalam waktu yang singkat.


BAB II
PEMBAHASAN
 
A. Pengertian Nanotechnology
Nanotechnology (teknologi nano) adalah ilmu (science) untuk membuat mesin-mesin yang berukuran sangat kecil, dalam level molekul. Nama ini diperoleh dari kata {nanometer} yang berarti sepermilyar meter (10 pangkat minus 9), yaitu ukuran dari mesin-mesin ini.
Nanoteknologi kadang juga disebut sebuah rekayasa pada tingkatan molekuler, merupakan area multidisiplin dari berbagai ilmu terapan dan teknik dengan tujuan untuk mendesain dan membuat komponen dan sistem yang sangat kecil.
       Peran teknologi nano dalam IT (information technology), sudah tidak diragukan lagi. Bertambahnya kecepatan komputer dari waktu ke waktu, meningkatnya kapasitas hardisk dan memori, semakin kecil dan bertambahnya fungsi telepon genggam, adalah contoh-contoh kongkrit produk teknologi nano di bidang IT. 


B. Sejarah penemuan Nanotechnology.
Istilah "nanoteknologi" ditakrifkan buat pertama kali oleh Norio Taniguchi , Profesor Universiti Sains Tokyo , pada tahun 1974 dalam kertas kerjanya, " Mengenai Konsep Asas 'Nanoteknologi', " sebagai berikut: "'Nanoteknologi' terdiri terutamanya daripada pemprosesan bahan-bahan melalui pemisahan, penyatuan, dan pencacatan bentuk oleh sebiji atom atau sebiji molekul." Istilah "nanoteknologi" didefinisikan pertama kali oleh Norio Taniguchi , Profesor Universiti Sains Tokyo , pada tahun 1974 dalam kertas kerjanya, "Tentang Konsep Dasar 'Nanoteknologi'," sebagai berikut: "'Nanoteknologi' terdiri terutama dari pemrosesan bahan-bahan dalam pemisahan, persatuan, dan pencacatan bentuk oleh sebiji atom atau sebiji molekul. "
Pada dekad 1980-an , idea asas untuk takrif ini diperiksa dengan teliti oleh Dr. Pada dekade 1980-an , ide dasar untuk definisi ini diperiksa dengan teliti oleh Dr. Eric Drexler . Eric Drexler . Beliau mempromosikan keertian teknologi untuk fenomena-fenomena dan peranti-peranti skala nano melalui ucapan-ucapan dan buku-bukunya, " Enjin-enjin Penciptaan: Era Nanoteknologi Yang Akan Datang " ( Engines of Creation: The Coming Era of Nanotechnology ) dan " Sistem-sistem Nano: Jentera Molekul, Pengilangan dan Pengiraan " ( Nanosystems: Molecular Machinery, Manufacturing, and Computation , ISBN 0-471-57518-6 ) dan disebabkan beliau, istilah itu memperoleh maksud kini. Ia mempromosikan keertian teknologi untuk fenomena-fenomena dan perangkat-perangkat skala nano melalui ucapan-ucapan dan buku-bukunya, " Mesin-mesin Penciptaan: Era Nanoteknologi Yang Akan Datang "(Engines of Creation: The Coming Era of nanotechnology) dan" Sistem- sistem Nano: Jentera Molekul, pembuatan dan Penghitungan "(Nanosystems: Molecular Machinery, Manufacturing, and Computation, ISBN 0-471-57518-6 ) dan disebabkan beliau, istilah itu memperoleh maksud kini.

 
C. Perkembangan Nanotechnology.
Nanoteknologi adalah sebuah cabang ilmu yang berfokus pada materi-materi pada ukuran antara 1 hingga 100 nanometer (1 nm = 10 -9 meter ). Pada dasarnya, nanoteknologi ialah peluasan sains-sains yang sedia ada ke skala nano. Pada dasarnya, nanoteknologi adalah perluasan ilmu-ilmu yang ada ke skala nano.
Salah satu aspek skala nano yang terpenting adalah bahwa semakin objek-objek menjadi kecil, semakin besar nisbahnya antara luas permukaan dengan isi padu dan volume.


D. Tujuan dan Fungsi
Tujuan penggunaan nano teknologi adalah untuk mengacu memanipulasi atom dan molekul untuk membuat produk berskala makro.Deskripsi yang lebih umum adlah manipulasi materi dengan ukuran maksimum 100 nanometer
Dengan nano teknologi ,kekayaan sumber daya alam indonesia dapat di beri nilai tambah guna menangani persaingan global.Dengan menciptakan zat hingga berukuran satu per miliar meter(nanometer),sifat dan fungsi zat tersebut bisa diubah sesuai dengan yang diinginkan.Dengan nanoteknologi pula,kekayaan alam menjadi tak berarti karna sifat-sifat zat bisa diciptakan sesuai dengan keinginan.Karena itu,kita harus mampu  memberi nilai tambah atas kekayaan alam kita.


E. Perkembangan teknologi nano di Indonesia
Kontribusi teknologi nano dalam pengembangan teknologi informasi (IT,information technology), sudah tidak diragukan lagi. Bertambahnya kecepatan komputer dari waktu ke waktu, meningkatnya kapasitas hardisk dan memori, semakin kecil dan bertambahnya fungsi telepon genggam, adalah contoh-contoh kongkrit produk teknologi nano di bidang IT. Penambahan kepadatan jumlah divais. Gambaran mudahnya, bila ukuran satu buah transistor bisa dibuat lebih kecil maka kepadatan jumlah transistor pada ukuran chip yang sama secara otomatis akan menjadi lebih besar.


F. Perkembangan teknologi nano di masa depan
Teknologi Nano adalah teknologi masa depan. Diperkirakan dalam 5 tahun kedepan seluruh aspek kehidupan manusia akan menggunakan produk-produk yang menggunakan teknologi nano yang diaplikasikan dalam bidang :
1. Medis & Pengobatan
Molekul dalam skala nano yang bersifat multifungsi untuk mendeteksi kanker dan untuk penghantaran obat langsung ke sel target.
2. Farmasi
Sebagian besar obat-obatan dan kosmetika yang beredar di pasaran saat ini bekerjanya kurang optimal disebabkan karena zat aktifnya :

·       memiliki tingkat kelarutan yang rendah.
·       membutuhkan lemak agar dapat larut.
·       mudah teragregasi menjadi partikel besar
·       tidak mudah diabsorpsi dan dicerna
3. Kosmetik
Terobosan nanoteknologi dalam bidang kosmetika dan obat-obatan mampu menciptakan bahan kosmetika dan obat-obatan dengan efektivitas yang jauh lebih baik. Sebagai contoh adalah penggunaan liposom dalam formula obat dan kosmetika.
Liposom adalah vesikel berbentuk spheris dengan membran yang terbuat dari dua lapis fosfolipid (phospholipid bilayer), yang digunakan untuk menghantarkan obat atau materi genetik ke dalam sel. 
4. Tekstil
Dengan nanopartikel tekstil dan pakaian akan menjadi mudah dibersihkan dan dengan penambahan silver pada kaos kaki akan membuat nya mempunyai pengaruh pada pengurangan bau kaki. Contoh yang umum di pakai adalah pada payung.
5. Produk perawatan.
TiO3 dan SiO2 digunakan sebagai UV cut sementara apatite digunakan pada pasta gigi. Perak digunakan pada plester untuk mencegah infeksi dan emas nanopartikel digunakan pada tes kehamilan
6. Olahraga
Nanopartikel digunakan untuk membuat peralatan olahraga menjadi lebih kuat, lebih baik dan berdaya guna tinggi. Contohnya pada raket merk Yonex yang menggunakan serat carbon.
7. Perbaikan rumah
Titania digunakan pada cat genting untuk membuat memberi efek pembersihan sendiri.
8. Produk Rumah tangga
Digunakan pada gelas, keramik, sepatu untuk berbagai macam pelapisan.
9. Aplikasi Nanoteknologi Untuk Penghematan Energi
Pemborosan energi, khususnya di Indonesia, memang lebih banyak disebabkan karena pola penggunaan yang belum efisien atau lebih terkait dengan budaya dan gaya hidup masyarakat.


BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam tekhnologi nano  perkembangan peradaban manusia sampai zaman dimana manusia menggunakan energi dan fosil. Ilmu pengetahuan yang semakin dikembangkan keteknologi informasi, teknologi komunikasi, bio tekhnologi dan nano teknologi. Teknologi informasi berkembang teutama setelah ditemukannya mesin punch card yang merupakan dasar komputer oleh Hollerit pada tahun 1890. Dari sinilah arah komputer dimulai karna setelah itu dimulailah pembuatan komputer yang pertama yang ukurannya sangat luar biasa besarnya dibandingkan dengan komputer yang ada sekarang.


B. Saran
Setelah kita membaca makalah ini semoga dapat menambah wawasan kepada para pembacanya tentang teknologi nano.
 


Daftar pustaka
M. Ali Hasan, 1981 prinsip-prinsip pengetahuan alam dalam Al Quran,Surabaya PT Bina Ilmu. Muh. Khalifah Musrasi, 2003 Ilmu Alamiah Dasar, Makassar, Yayasan Pendidikan Islam. Abdullah Aly, Eny Rahma, 2003 Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta, PT Bumi Aksara. Santi Dewiki, Sri Yunita, 2006 Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta, Universitas Terbuka ( UT ).
   

0 comments:

Poskan Komentar