Pages

Rabu, 18 September 2013

Inilah 5 Produsen Smartphone Terbesar di Dunia

Ponsel pintar alias smartphone semakin diminati pasar. Menurut data biro riset IDC, pengapalan smartphone mencakup 45,5% dari seluruh ponsel yang dikapalkan pada kuartal IV 2012.

Sebanyak 219,4 juta unit dipasarkan pada kuartal tersebut. Yang merupakan kenaikan sebesar 36,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Lalu vendor smartphone mana saja yang berjaya dan menempati posisi lima besar? Berikut daftarnya seperti dikutip detikINET dari IDC.

5. ZTE

Di posisi kelima ada vendor asal China ZTE. Di kuartal IV 2012, ZTE sukses mengapalkan 9,5 juta unit smartphone, naik 48,4% dibanding di pada kuartal IV 2011.

Kesuksesan ZTE banyak dipicu gelontoran smartphone dengan harga terjangkau. Di kandangnya China, produsen ini juga semakin berkibar.

Di kuartal IV 2012 ini, ZTE juga untuk pertama kalinya mengapalkan lebih banyak smartphone ketimbang feature phone.

4. Sony

Semenjak berpisah dengan Ericsson di industri ponsel, Sony berupaya keras menjadi pemain yang diperhitungkan. Dan tampaknya strategi mereka mulai membuahkan hasil.

Sony berhasil merangsek ke posisi keempat produsen smartphone terbesar dunia. Mereka mengapalkan 9,8 juta unit ponsel cerdas dengan pertumbuhan penjualan 55,6%.

Sony memang giat membanjiri pasar dengan lini smartphone Xperia. Jagoan baru mereka, Xperia Z mendapat sambutan lumayan baik dan siap dipasarkan.

3. Huawei

Selain ZTE, satu lagi produsen asal China yang semakin memantapkan namanya di percaturan industri smartphone. Mereka adalah Huawei.

Huawei sukses mengapalkan 10,8 juta unit perangkat ponsel cerdas di kuartal IV 2012. Dengan tingkat pertumbuhan penjualan 89,5%.

Huwaei memang semakin agresif di industri ponsel cerdas. Ini adalah untuk pertama kalinya Huawei merangsek di posisi 3 besar produsen smartphone terbesar sejagat.

2. Apple

Kedatangan iPhone 5 di akhir tahun 2012 turut mendorong penjualan Apple. Vendor asal Amerika Serikat ini pun tetap bertahan di posisi runner up.

Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini berhasil mengapalkan sejumlah 47,8 juta unit ponsel pintar. Dengan tingkat pertumbuhan penjualan 29,2%.

Penjualan iPhone 5 memang cukup kuat. Ditambah permintaan yang masih lumayan besar untuk generasi terdahulu, iPhone 4S.

1. Samsung

Tahta Samsung masih belum tergoyahkan. Konglomerasi asal Korea Selatan ini masih jauh di atas lawan-lawannya.

Pada kuartal IV 2012, mereka mengapalkan 63,7 juta unit smartphone. Dengan pertumbuhan penjualan 76% dibanding tahun sebelumnya.

Strategi Samsung membanjiri pasar dengan banyak model smartphone memang sukses besar. Ditambah lagi smartphone flagshipnya, Galaxy S III, menuai popularitas sangat tinggi.

0 comments:

Poskan Komentar