Pages

Jumat, 22 Maret 2013

Tugas Mata Kuliah E-Commerce


1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management?
Jawab:
Yang dimaksud dengan rantai supply adalah arus material, informasi, uang dan jasa dari bahan mentah oleh pemasok melalui pabrik dan gudang sampai kepada konsumen. E-supply chain adalah rantai suplai yang dimanage secara elektronik, biasanya dengan menggunakan teknologi web. Suuply chain yang digunakan pada E-commerce terbagi menjadi tiga yaitu:
a.       Upstream supply chain
b.      Internal supply chain
     c.       Downstream supply chain
Manajemen supply chain digunakan dalam E-commerce untuk untuk mengkoordinasikan beberapa rekan bisnis, beberapa departemen internal perusahaan, beberapa proses bisnis, dan banyaknya pelanggan. Memanage rantai suplai dari medium menjadi besar secara manual hampir mustahil untuk dilakukan. Kebutuhan utama untuk perusahaan medium ke besar adalah berpindah kepada EC sebuah integrasi antara web dan solusi ERP/MRP/SCM.
Manajemen supply chain adalah penggabungan dari teknologi untuk meningkatkan operasi dari kegiatan rantai suplai sebaik manajemen rantai suplai. Keberhasilan e-supply chain tergantung pada:
1.            Kemampuan semua rekan rantai suplai untuk menunjukkan kolaborasi sebagai asset     
strategis.
2.      Visibilitas informasi diantara keseluruhan rantai suplai.
3.      Layanan kecepatan, biaya, dan konsumen.
4.      Mengintegrasikan rantai suplai dengan lebih ketat.

Hubungan E-Commerce dengan SCM adalah, EC ( e- Commerce ) digunakan sebagai teknologi yang menyediakan solusi didalam rangkaian persediaan. Berikut ini adalah daftar solusi yang representatif dari E-Commerce
  • Pemesanan dapat dilakukan di internet,Edi,EDI/internet,atau extranet.
  • Pemenuhan pesanan dapat dilakukan secara instant jika produknya dapat digitalisasikan ( software)
  • Pembayaran secara elektronik dapat mempercepat baik pemenuhan pesanan dan periode pembayaran
  • Perdagangan kolaboratif didalam para bagian rangkaian persediaan dapat dilakukan di berbagai tempat, berkisar dari desain produk untuk peramnalan permintaan.
  • Inventori dapat diminimalkan dengan memperkenalkan proses produksi berdasar permintaan sebaik menyediakan informasi yang cepat dan akurat kepada para supplier.
2.  Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja  karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan
Jawab :
  • e-commerce dapat mengurangi siklus waktu. Karena dengan menggunakan e-commerce, perdagangan dapat berlangsung selama 24 jam dan juga tidak terbatas oleh wilayah. Sehingga perdagangan melalui e-commerce dapat terjadi tanpa harus bertatap muka antara penjual dan pembeli.
  • e-commerce meningkatkan kinerja karyawan maksudnya adalah dengan melaukan perdagangan melaui online, karyawan dituntut untuk lebih memiliki kreatifitas dan daya tangkap yang cepat, sehingga karyawan dapat melaksanakan pekerjaannya dengan cepat, lebih mudah dan lebih efisien. Hal ini dilakukan karena, dari tiap department diberikan wewenang unutk mengambil keputusan yang berhubungan dengan masalah yang menyangkut departemen tersebut. Namun kendali tetap berdada pada manajer puncak
  • memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan, adalah melalui e-commerce pelanggan yang mendapat fasilitas yang memungkinkan mereka melakukan pembelian ranpa batas waktu dan jarak. Dan pelanggan juga dapat menerima fasilitas-fasilitas pendukung lain yang diperlukan seperti informasi produk, keluahan terhadap produk dan layanan yang diberikan.
3.  Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan  keterbatasan masing-masing!
Jawab:
A. Marketplaces
Marketplaces adalah tempat di mana transaksi perdagangan dengan sejumlah uang atau pertukaran antara penjual dan pembeli atas barang dan jasa terjadi. Proses transaksi perdagangan terjadi secara langsung (face to face) dan komunikasi juga dilakukan secara langsung (2 arah).
Kelebihan:
  • Pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.
  • Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam melakukan transaksi.
  • Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang berlangsung.
  • Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.
Kelemahan:
  • Memakan cukup banyak waktu, biaya dan tempat. Dengan kata lain tidak efisien.
  • Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.
B. Marketspace
marketplaces yang dilakukan melalui media elektronik di mana terjadi perubahan dalam beberapa proses dalam perdagangan dan rantai persediaan baik transaksi, pertukaran informasi, maupun pembayarannya.


Kelebihan:
  • Efisien dan fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung. Atau dengan kata lain penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja, kapan saja.
  • Berazaskan kepercayaan yang tinggi.
  • Produk yang dibeli merupakan barang atau jasa dengan standar kualitas yang terbaik.
  • Kaya akan informasi
  • Mengurangi biaya perolehan atas suatu informasi yang berharga.
 Kelemahan:
  • Risiko terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan bai k pembeli maupun penjual sangat tinggi.
  • Ketika transaksi sudah berlangsung, pembeli tidak langsung menerima barang yang dibeli, sedangkan penjual juga tidak menerima uang secara langsung.
  • Ancaman dari pihak-pihak banyak.
  • Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.
  • Perlu adanya pihak ketiga.
 4.  Jelaskan lebih lengkap dengan kata-kata Anda sendiri tentang Karakteristik E-Commerce:
a.       B2B ( Bussines to Bussines )

B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
·      Disebut juga transaksi antar perusahaan
·   Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
·Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
keterangan :

      EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran   
dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan 
menggunakan format standar yang telah disepakati.

contoh website-nya :
ALIBABA (
alibaba.com)
EC PlAZA (
ecplaza.net)
ECROBOT (
ecrobot.com)
EC 21 (
ec21.net)
FOREIGN-TRADE (
foreign-trade.com)

b.  B2C (Bussines to Consument )

    Adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang    atau jasa.  Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. kelebihan dari B2c adalah sebagai berikut :
·Disebut dengan transaksi pasar
·Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi
·Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
·Meminta agar barang dikirimkan
contoh website-nya :
AMAZON (
amazon.com)
EBAY (
ebay.com)


c.  C2C ( Consumer to Consumer )

C2C adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).

C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.

contoh website-nya :
ELVINMIRADI (
elvinmiradi)


ANALISIS PROSES BISNIS KOPERASI TALENTA

                        Setiap layanan pinjaman harus memiliki prosedur antara lain; menerapkan standarisai ( keseragaman ) prosedur evaluasi pinjaman, menjaga obyektifitas pengambilan keputusan atas permohona pinjaman, menjaga kualitas pinjaman yang sehat untuk menjamin keberlangsungan institusi, menjamin pelayanan yang berkualitas kepada anggota peminjam dan calon anggota peminjam
            Dengan kata lain operasional kegiatan pinjaman mencakup hal hal berupa: batasan batasan /segmentasi peminjam, tata cara permohonan, evaluasi, pengambilan keputusan, pencairan, pemantauan, pengelilaan pinjaman, pencatatan, pendokumentasian dank ode etik.
Pinjaman diberikan kepada calon peminjam yang memenuhi criteria sbb:
1.      Warga Negara Indonesia yang berdomisili di kota Kupang dan wilayah lainnya yang dapat dijangkau oleh kantor uoperasional KSP Talenta
2.      Memiliki sumber pandapatan tetap selama paling sedikit satu tahun
3.      Menjalankan usaha kecil, produktif selama paling sedikit satu tahun dalam bidang ; pertanian atau nelayan, peternakan atau budidaya kelautan, perdagangan, jasa, produksi
4.      Bersedia menyediakan agunan jika diperlukan, berdasarkan survey dan analisa pinjaman yang dilakukan oleh KPS Talenta
5.      Bersedia menyimpan sejumlah dana di KSP Talenta secara teratur dalam bentuk simpanan
6.      Mendapatkan persetujuan dari pasangan ( suami atau istri ) untuk mengajukan dan menandatangani pinjaman

Analisa kemampuan pengembalian pinjaman yang diperhitungkan dari tingkat keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Adapun hal-hal yang diperhitungkan adalah besarnya penghasilan pokok, sumber penghasilan lain, biaya-biaya untuk mendapatkan penghasilan, kewajiban-kewajiban termasuk hutang kepada pihak lain, nilai kekayaan yang dimiliki.

Calon peminjam memberikan informasi yang diperlukan kepada petugas pinjaman dan mengisi formulir permohonan pinjaman yang berisi : no FPP, tanggal permohonan, no anggota, nama anggota, jumlah permohanan dan keperluan. Kemudian oleh bagian kredit dicatat dan disimpan dalam arsip FPP. Berdasarkan arsip FPP tersebut bagian kredit membuat bukti pinjaman yang diberikan kepada anggota yang berisi : Nomor BP, Tanggal BP, Nomor Anggota, Nama Anggota, Jumlah Realisasi, Lama Angsuran, Jumlah Angsuran dan Bunga.
Calon peminjam membayar membayar biaya administrasi 1,5% dan provisi 0,5% pada saat pencairan pembiayaan yang dicairkan dan biaya-biaya langsung lain jika ada (seperti biaya materai, biaya notaries atau biaya pengikatan jaminan. Pengurusan administrasi permohonan pinjaman tidak dapat diwakilkan oleh calon peminjam kepada pihak lain sesuai  peraturan yang telah ditetapkan oleh KSP Talenta.Pembayaran harus disetujuai oleh komite pinjaman .
Prosedeur peminjaman fasiltas pinjaman baru diajukan dengan syarat peminjam memmenuhi prosedur umum kemudian dilakukan survey lapangan dan analisa. Survey dilakukan sesudah mengisi formulir.
Analisa pinjaman mencakup: wawancara dengan calon peminjam, inspeksi atau pemeriksaan langsung ke tempat usaha, penelitian dokumen-dokumen atau catatan-catatan terkait, pengisian hasil analisa peminjam oleh petugas

Analisa kelayakan peminjam didasakan pada prinsip 5 C a. l :
-          Character  ( karakter debitur )
-          Capital ( permodalan )
-          Collateral ( agunan )
-          Condition ( kondisi usaha dan ekonomi )
-          Capacity ( kapasitas peminjam dan usahanya )
-          Memberi usulan berdasarkan hasil analisa dan pengujian kepada komita untuk peminjaman disetujui atau ditolak
-          Apabila ditolak petugas membantu untuk mendapatkan pinjaman yang lain
-          Jika pengajuan diterima maka prosedur berlanjut

Pencairan pinjaman berdasarkan persetujuan tertulis komite dan melalui beberapah tahap berikut :
-          Calon peminjam menandatangani dokumen-dokumen bersama dengan pejabat berwenang dari KSP Talenta
-          Diserahkan kepada peminjam antara lain berita acara penyerahan bukti barang jaminan, buku pinjaman dan simpanan
-          Petugas menyerahkan berkas dokumen kepada kasir untuk tidak lanjut pencairan
-          Petugas menyimpan seluruh berkas permohonan pinjaman, persetujuan pinjaman dalam satu file dan disimpan di dalam lemari bagian pinjaman
-          Dokumen – dokumen tersebut antara lain :
1.      Formulir permohonan dan analisa pinjaman
2.      Fotocopy KTP, kartu keluarga dan bukti kepemilikan jaminan
3.      Perjanjian pinjaman
4.      Surat pernyataan penyerahan barang jaminan dan kuasa menjual jaminan
5.      Laporan kunjungan lapangan
6.      Dokumen pendukung lain seperti SK pemotongan gaji, surat kuasa jaminan
-          Pencairan dilakukan secara tunai kepada yang bersangkutan.
Jaminan atau agunan adalah sesuatu berupa barang atau harta tidak bergerak atau barang bergerak yang mempunyai nilai ekonomis atau berharga yang diberikan oleh peminjam sebagai jaminan atas pinjaman yang diterima dari koperasi.

Harta yang dapt diterima menjadi jamina pinjaman di kkoperasi adalah antara lain :
1.      Tanah dan bangunan
2.      Lahan kosong berupa sawah atau lading yang dapat diperjualbelikan
3.      Kendaraan bermotor yang masih dalam kondisi layak pakai dan dapat di perjualbelikan
4.      Barang-barang inventaris untuk usaha
5.      Barang-barang Rumah Tangga
6.      Perhiasan emas
7.      Gaji bulana pada instansi pemerintah atau swasta
Selama jangka waktu pinjaman barang-barang dan lainnya yang telah dijaminkan tersebut dikuasai oleh koperasi Talenta yang dituangkan dalam dokumen penyerahan barang jaminan dan Surat Kuasa Menjual.
 Jaminan yang disimpan oleh koperasi dicata dalam suatu buku register dan disimpan oleh kasir yang mencatat jenis pinjaman, no pinjaman, tanggal penerimaan jaminan oleh koperasi dan tanggal pengeluaran jaminan oleh koperasi serta tanda tangan penerima jaminan pada saat dikeluarkan dari tempat penyimpanan di koperasi.
 Pengembalian barang jaminan harus disertai dengan bukti pelunasan pinjaman ( slip atau kuitansi ) yang distempel “ LUNAS “ oleh kasir. Selama pinjaman belum dilunasi, barang atau harta jaminan dan bentuk lain yang dijaminkan, tidak dapat dipergunakan oleh peminjam untuk menjadi jaminan atas hutang atau pinjaman kepada pihak lainnya. Setiap tiga bulan sekali diadakan pemeriksaan fisik terhadap bukti kepemilikan barang jaminan

Setiap bulan anggota wajib membayar angsuran sejumlah angsuran yang disepakati pada saat pinjaman yang kemudian oleh bagian kredit dicatat dan direkap ke dalam arsip angsuran.
Berdasarkan arsip angsuran tersebut, bagian kredit membuat bukti angsuran yang diberikan kepada anggota berisi no BA, tanggal BA, no BP, jumlah angsuran dan bunga
            Pelunasan pinjaman adalah waktu dan keadaan dimana peminjam telah memenuhi keseluruhan kewajiban atas pinjamannya kepada koperasi seperti yang tertuang dalam perjanjian pinjaman
-          Petugas pinjaman memeriksa ulang catatan fasilitas pinjaman peminjam untuk memastikan tidak ada lagi kewajiban yang tersisa ( saldo pinjaman sudah tidk ada )
-          Berdasarkan berita acara penyerahan bukti barang jaminan dan dilampirkan dengan bukti pelunasan pinjaman, kasir mengembalikan bukti kepemilikan jaminan apabila peminjam yang bersangkutan tidak mengajukan permohonan ulang fasilitas dengan membuatkan bukti tanda terima dokumen dan atau fisik jaminan dari peminjam yang bersangkutan
-          Petugas lapangan menawarkan produk pinjaman yang sama atau yang lain kepada peminjam

Pada akhir bulan bagian pinjaman selalu membuat laporan pinjaman dan laporan angsuran yang diberikan kepada ketua koperasi

Kode Etik Pinjaman (dikutip dari ACCION INTERNATIONAL) antara lain:
1.      Layanan yang Berkualitas.
2.      Pengenaan Jasa dan Biaya secara Transparan.
3.      Jasa yang Layak.
4.      Menghindari Kelebihan Pinjaman.
5.      Praktek-Praktek Penagihan Pinjaman yang Santun.
6.      Kerahasiaan Informasi Peminjam.
7.      Staff yang Beretika.
8.      Menerima Umpan Balik dari Peminjam.
9.      Kebijakan Operasi yang Pro Peminjam.

0 comments:

Poskan Komentar