1.
Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management?
Jawab:
Yang dimaksud dengan rantai supply adalah arus material, informasi, uang dan jasa dari bahan mentah oleh pemasok melalui pabrik dan gudang sampai kepada konsumen. E-supply chain adalah rantai suplai yang dimanage secara elektronik, biasanya dengan menggunakan teknologi web. Suuply chain yang digunakan pada E-commerce terbagi menjadi tiga yaitu:
Yang dimaksud dengan rantai supply adalah arus material, informasi, uang dan jasa dari bahan mentah oleh pemasok melalui pabrik dan gudang sampai kepada konsumen. E-supply chain adalah rantai suplai yang dimanage secara elektronik, biasanya dengan menggunakan teknologi web. Suuply chain yang digunakan pada E-commerce terbagi menjadi tiga yaitu:
a.
Upstream supply chain
b.
Internal supply chain
c. Downstream supply chain
Manajemen supply chain digunakan
dalam E-commerce untuk untuk mengkoordinasikan beberapa rekan bisnis, beberapa
departemen internal perusahaan, beberapa proses bisnis, dan banyaknya
pelanggan. Memanage rantai suplai dari medium menjadi besar secara manual
hampir mustahil untuk dilakukan. Kebutuhan utama untuk perusahaan medium ke
besar adalah berpindah kepada EC sebuah integrasi antara web dan solusi
ERP/MRP/SCM.
Manajemen supply chain adalah
penggabungan dari teknologi untuk meningkatkan operasi dari kegiatan rantai
suplai sebaik manajemen rantai suplai. Keberhasilan e-supply chain tergantung
pada:
1.
Kemampuan semua rekan rantai suplai
untuk menunjukkan kolaborasi sebagai asset
strategis.
2.
Visibilitas informasi diantara keseluruhan rantai suplai.
3.
Layanan kecepatan, biaya, dan konsumen.
4.
Mengintegrasikan rantai suplai dengan lebih ketat.
Hubungan E-Commerce dengan SCM
adalah, EC ( e- Commerce ) digunakan sebagai teknologi yang menyediakan solusi
didalam rangkaian persediaan. Berikut ini adalah daftar solusi yang
representatif dari E-Commerce
- Pemesanan dapat dilakukan di
internet,Edi,EDI/internet,atau extranet.
- Pemenuhan pesanan dapat
dilakukan secara instant jika produknya dapat digitalisasikan ( software)
- Pembayaran secara elektronik
dapat mempercepat baik pemenuhan pesanan dan periode pembayaran
- Perdagangan kolaboratif didalam
para bagian rangkaian persediaan dapat dilakukan di berbagai tempat,
berkisar dari desain produk untuk peramnalan permintaan.
- Inventori dapat diminimalkan
dengan memperkenalkan proses produksi berdasar permintaan sebaik
menyediakan informasi yang cepat dan akurat kepada para supplier.
2. Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi
siklus waktu, meningkatkan kinerja
karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan
Jawab :
- e-commerce dapat mengurangi siklus waktu.
Karena dengan menggunakan e-commerce, perdagangan dapat berlangsung selama
24 jam dan juga tidak terbatas oleh wilayah. Sehingga perdagangan melalui
e-commerce dapat terjadi tanpa harus bertatap muka antara penjual dan pembeli.
- e-commerce meningkatkan kinerja
karyawan maksudnya adalah dengan melaukan perdagangan melaui online,
karyawan dituntut untuk lebih memiliki kreatifitas dan daya tangkap yang
cepat, sehingga karyawan dapat melaksanakan pekerjaannya dengan cepat,
lebih mudah dan lebih efisien. Hal ini dilakukan karena, dari tiap
department diberikan wewenang unutk mengambil keputusan yang berhubungan
dengan masalah yang menyangkut departemen tersebut. Namun kendali tetap
berdada pada manajer puncak
- memberikan dukungan terhadap
fasilitasi pelanggan, adalah
melalui e-commerce pelanggan yang mendapat fasilitas yang memungkinkan
mereka melakukan pembelian ranpa batas waktu dan jarak. Dan pelanggan juga
dapat menerima fasilitas-fasilitas pendukung lain yang diperlukan seperti
informasi produk, keluahan terhadap produk dan layanan yang diberikan.
3. Bandingkan antara “marketplaces” dengan
“marketspaces”. Apa keunggulan dan
keterbatasan masing-masing!
Jawab:
A. Marketplaces
Marketplaces adalah tempat di mana transaksi perdagangan dengan sejumlah uang atau pertukaran antara penjual dan pembeli atas barang dan jasa terjadi. Proses transaksi perdagangan terjadi secara langsung (face to face) dan komunikasi juga dilakukan secara langsung (2 arah).
Kelebihan:
A. Marketplaces
Marketplaces adalah tempat di mana transaksi perdagangan dengan sejumlah uang atau pertukaran antara penjual dan pembeli atas barang dan jasa terjadi. Proses transaksi perdagangan terjadi secara langsung (face to face) dan komunikasi juga dilakukan secara langsung (2 arah).
Kelebihan:
- Pembeli dan penjual bertemu
langsung dan bertransaksi secara langsung.
- Tidak perlu menggunakan alat
bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam
melakukan transaksi.
- Pembeli menerima barang dan
penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang
berlangsung.
- Mengurangi risiko terjadinya
tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.
Kelemahan:
- Memakan cukup banyak waktu,
biaya dan tempat. Dengan kata lain tidak efisien.
- Tidak fleksibel, karena pembeli
dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.
B. Marketspace
marketplaces yang dilakukan melalui media elektronik di mana terjadi perubahan dalam beberapa proses dalam perdagangan dan rantai persediaan baik transaksi, pertukaran informasi, maupun pembayarannya.
marketplaces yang dilakukan melalui media elektronik di mana terjadi perubahan dalam beberapa proses dalam perdagangan dan rantai persediaan baik transaksi, pertukaran informasi, maupun pembayarannya.
Kelebihan:
- Efisien dan fleksibel karena
pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung. Atau dengan kata
lain penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja, kapan saja.
- Berazaskan kepercayaan yang
tinggi.
- Produk yang dibeli merupakan
barang atau jasa dengan standar kualitas yang terbaik.
- Kaya akan informasi
- Mengurangi biaya perolehan atas
suatu informasi yang berharga.
Kelemahan:
- Risiko terjadinya tindak
kejahatan yang dilakukan bai k pembeli maupun penjual sangat tinggi.
- Ketika transaksi sudah
berlangsung, pembeli tidak langsung menerima barang yang dibeli, sedangkan
penjual juga tidak menerima uang secara langsung.
- Ancaman dari pihak-pihak
banyak.
- Perlu adanya tambahan biaya
untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.
- Perlu adanya pihak ketiga.
4. Jelaskan lebih lengkap dengan kata-kata Anda
sendiri tentang Karakteristik E-Commerce:
a.
B2B ( Bussines to Bussines )
B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
·
Disebut juga transaksi antar
perusahaan
· Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian
barang dan jasa, informasi & konsultasi
·Digunakan untuk pengiriman dan
permintaan proposal bisnis.
keterangan
:
EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran
EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran
dokumen
bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis
dengan
menggunakan
format standar yang telah disepakati.
contoh website-nya :
ALIBABA (alibaba.com)
EC PlAZA (ecplaza.net)
ECROBOT (ecrobot.com)
EC 21 (ec21.net)
FOREIGN-TRADE (foreign-trade.com)
b. B2C (Bussines to Consument )
ALIBABA (alibaba.com)
EC PlAZA (ecplaza.net)
ECROBOT (ecrobot.com)
EC 21 (ec21.net)
FOREIGN-TRADE (foreign-trade.com)
b. B2C (Bussines to Consument )
Adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. kelebihan dari B2c adalah sebagai berikut :
·Disebut dengan transaksi pasar
·Konsumen m’pelajari produk yang
ditawarkan melalui publikasi
·Membeli dengan electronic cash &
sistem secure payment
·Meminta
agar barang dikirimkan
c.
C2C ( Consumer to Consumer
)
C2C adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).
C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.
C2C adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).
C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.
ANALISIS PROSES BISNIS KOPERASI TALENTA
Setiap
layanan pinjaman harus memiliki prosedur antara lain; menerapkan standarisai (
keseragaman ) prosedur evaluasi pinjaman, menjaga obyektifitas pengambilan
keputusan atas permohona pinjaman, menjaga kualitas pinjaman yang sehat untuk
menjamin keberlangsungan institusi, menjamin pelayanan yang berkualitas kepada
anggota peminjam dan calon anggota peminjam
Dengan
kata lain operasional kegiatan pinjaman mencakup hal hal berupa: batasan
batasan /segmentasi peminjam, tata cara permohonan, evaluasi, pengambilan
keputusan, pencairan, pemantauan, pengelilaan pinjaman, pencatatan,
pendokumentasian dank ode etik.
Pinjaman diberikan kepada calon
peminjam yang memenuhi criteria sbb:
1. Warga Negara Indonesia yang
berdomisili di kota Kupang dan wilayah lainnya yang dapat dijangkau oleh kantor
uoperasional KSP Talenta
2. Memiliki sumber pandapatan tetap
selama paling sedikit satu tahun
3. Menjalankan usaha kecil, produktif
selama paling sedikit satu tahun dalam bidang ; pertanian atau nelayan,
peternakan atau budidaya kelautan, perdagangan, jasa, produksi
4. Bersedia menyediakan agunan jika
diperlukan, berdasarkan survey dan analisa pinjaman yang dilakukan oleh KPS
Talenta
5. Bersedia menyimpan sejumlah dana di
KSP Talenta secara teratur dalam bentuk simpanan
6. Mendapatkan persetujuan dari pasangan
( suami atau istri ) untuk mengajukan dan menandatangani pinjaman
Analisa kemampuan pengembalian pinjaman yang diperhitungkan
dari tingkat keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Adapun hal-hal yang
diperhitungkan adalah besarnya penghasilan pokok, sumber penghasilan lain,
biaya-biaya untuk mendapatkan penghasilan, kewajiban-kewajiban termasuk hutang
kepada pihak lain, nilai kekayaan yang dimiliki.
Calon peminjam memberikan informasi yang diperlukan kepada
petugas pinjaman dan mengisi formulir permohonan pinjaman yang berisi : no FPP,
tanggal permohonan, no anggota, nama anggota, jumlah permohanan dan keperluan.
Kemudian oleh bagian kredit dicatat dan disimpan dalam arsip FPP. Berdasarkan
arsip FPP tersebut bagian kredit membuat bukti pinjaman yang diberikan kepada
anggota yang berisi : Nomor BP, Tanggal BP, Nomor Anggota, Nama Anggota, Jumlah
Realisasi, Lama Angsuran, Jumlah Angsuran dan Bunga.
Calon peminjam membayar membayar biaya administrasi 1,5% dan
provisi 0,5% pada saat pencairan pembiayaan yang dicairkan dan biaya-biaya
langsung lain jika ada (seperti biaya materai, biaya notaries atau biaya
pengikatan jaminan. Pengurusan administrasi permohonan pinjaman tidak dapat
diwakilkan oleh calon peminjam kepada pihak lain sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh KSP
Talenta.Pembayaran harus disetujuai oleh komite pinjaman .
Prosedeur peminjaman fasiltas pinjaman baru diajukan dengan
syarat peminjam memmenuhi prosedur umum kemudian dilakukan survey lapangan dan
analisa. Survey dilakukan sesudah mengisi formulir.
Analisa
pinjaman mencakup: wawancara dengan calon peminjam, inspeksi atau pemeriksaan
langsung ke tempat usaha, penelitian dokumen-dokumen atau catatan-catatan
terkait, pengisian hasil analisa peminjam oleh petugas
Analisa
kelayakan peminjam didasakan pada prinsip 5 C a. l :
- Character ( karakter debitur )
- Capital ( permodalan )
- Collateral ( agunan )
- Condition ( kondisi usaha dan
ekonomi )
- Capacity ( kapasitas peminjam dan
usahanya )
- Memberi usulan berdasarkan hasil
analisa dan pengujian kepada komita untuk peminjaman disetujui atau ditolak
- Apabila ditolak petugas membantu
untuk mendapatkan pinjaman yang lain
- Jika pengajuan diterima maka
prosedur berlanjut
Pencairan pinjaman berdasarkan persetujuan tertulis komite
dan melalui beberapah tahap berikut :
- Calon peminjam menandatangani
dokumen-dokumen bersama dengan pejabat berwenang dari KSP Talenta
- Diserahkan kepada peminjam antara
lain berita acara penyerahan bukti barang jaminan, buku pinjaman dan simpanan
- Petugas menyerahkan berkas dokumen
kepada kasir untuk tidak lanjut pencairan
- Petugas menyimpan seluruh berkas
permohonan pinjaman, persetujuan pinjaman dalam satu file dan disimpan di dalam
lemari bagian pinjaman
- Dokumen – dokumen tersebut antara
lain :
1. Formulir permohonan dan analisa
pinjaman
2. Fotocopy KTP, kartu keluarga dan
bukti kepemilikan jaminan
3. Perjanjian pinjaman
4. Surat pernyataan penyerahan barang
jaminan dan kuasa menjual jaminan
5. Laporan kunjungan lapangan
6. Dokumen pendukung lain seperti SK
pemotongan gaji, surat kuasa jaminan
- Pencairan dilakukan secara tunai
kepada yang bersangkutan.
Jaminan atau agunan adalah sesuatu berupa barang atau harta
tidak bergerak atau barang bergerak yang mempunyai nilai ekonomis atau berharga
yang diberikan oleh peminjam sebagai jaminan atas pinjaman yang diterima dari
koperasi.
Harta
yang dapt diterima menjadi jamina pinjaman di kkoperasi adalah antara lain :
1. Tanah dan bangunan
2. Lahan kosong berupa sawah atau
lading yang dapat diperjualbelikan
3. Kendaraan bermotor yang masih dalam
kondisi layak pakai dan dapat di perjualbelikan
4. Barang-barang inventaris untuk usaha
5. Barang-barang Rumah Tangga
6. Perhiasan emas
7. Gaji bulana pada instansi pemerintah
atau swasta
Selama jangka waktu pinjaman barang-barang dan lainnya yang
telah dijaminkan tersebut dikuasai oleh koperasi Talenta yang dituangkan dalam
dokumen penyerahan barang jaminan dan Surat Kuasa Menjual.
Jaminan yang disimpan
oleh koperasi dicata dalam suatu buku register dan disimpan oleh kasir yang
mencatat jenis pinjaman, no pinjaman, tanggal penerimaan jaminan oleh koperasi
dan tanggal pengeluaran jaminan oleh koperasi serta tanda tangan penerima
jaminan pada saat dikeluarkan dari tempat penyimpanan di koperasi.
Pengembalian barang
jaminan harus disertai dengan bukti pelunasan pinjaman ( slip atau kuitansi )
yang distempel “ LUNAS “ oleh kasir. Selama pinjaman belum dilunasi, barang
atau harta jaminan dan bentuk lain yang dijaminkan, tidak dapat dipergunakan
oleh peminjam untuk menjadi jaminan atas hutang atau pinjaman kepada pihak
lainnya. Setiap tiga bulan sekali diadakan pemeriksaan fisik terhadap bukti
kepemilikan barang jaminan
Setiap bulan anggota wajib membayar angsuran sejumlah
angsuran yang disepakati pada saat pinjaman yang kemudian oleh bagian kredit
dicatat dan direkap ke dalam arsip angsuran.
Berdasarkan
arsip angsuran tersebut, bagian kredit membuat bukti angsuran yang diberikan
kepada anggota berisi no BA, tanggal BA, no BP, jumlah angsuran dan bunga
Pelunasan
pinjaman adalah waktu dan keadaan dimana peminjam telah memenuhi keseluruhan
kewajiban atas pinjamannya kepada koperasi seperti yang tertuang dalam
perjanjian pinjaman
- Petugas pinjaman memeriksa ulang
catatan fasilitas pinjaman peminjam untuk memastikan tidak ada lagi kewajiban
yang tersisa ( saldo pinjaman sudah tidk ada )
- Berdasarkan berita acara penyerahan
bukti barang jaminan dan dilampirkan dengan bukti pelunasan pinjaman, kasir
mengembalikan bukti kepemilikan jaminan apabila peminjam yang bersangkutan
tidak mengajukan permohonan ulang fasilitas dengan membuatkan bukti tanda
terima dokumen dan atau fisik jaminan dari peminjam yang bersangkutan
- Petugas lapangan menawarkan produk
pinjaman yang sama atau yang lain kepada peminjam
Pada akhir bulan bagian pinjaman selalu membuat laporan
pinjaman dan laporan angsuran yang diberikan kepada ketua koperasi
Kode Etik Pinjaman (dikutip dari
ACCION INTERNATIONAL) antara lain:
1. Layanan yang Berkualitas.
2. Pengenaan Jasa dan Biaya secara
Transparan.
3. Jasa yang Layak.
4. Menghindari Kelebihan Pinjaman.
5. Praktek-Praktek Penagihan Pinjaman
yang Santun.
6. Kerahasiaan Informasi Peminjam.
7. Staff yang Beretika.
8. Menerima Umpan Balik dari Peminjam.
9. Kebijakan Operasi yang Pro Peminjam.
0 comments:
Posting Komentar